Himpunan Mahasiswa Nutrisi dan Makanan Ternak

 

HIMASITER merupakan akronim dari himpunan mahasiswa nutrisi dan makanan ternak yang didirikan pada tanggal 28 September 1997. Bergerak di bidang organisasi kemahasiswaan, HIMASITER menjadi salah satu wadah untuk kegiatan profesi mahasiswa departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan IPB University. HIMASITER juga memiliki karakteristik pengembangan keahlian dan keterampilan teknis di bidang nutrisi dan makanan ternak.

Sebagai salah satu himpunan di IPB University, HIMASITER juga memiliki tujuan yang menjadi dasar dibentuknya himpunan ini. Berikut adalah 5 tujuan HIMASITER:

  1. Menampung aspirasi mahasiswa departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan
  2. Meningkatkan komunikasi antara mahasiswa dengan civitas departemen INTP
  3. Berpartisipasi aktif dan mempersiapkan atau mengirimkan delegasi pada setiap acara dan kompetisi
  4. Meningkatkan dan mengembangkan kemampuan mahasiswa melalui praktik lapang dalam kampus dan di berbagai perusahaan peternakan terutama di bidang pakan
  5. Meningkatkan jalinan komunikasi dan kerja sama dengan instansi-instansi terkait dengan dunia peternakan khususnya berkaitan dengan pakan

 

, HIMASITER terdiri dari 7 biro yang dibawahi langsung oleh badan pengurus harian.

  • BPH (Badan Pengurus Harian)

Badan Pengurus Harian (BPH) berperan sebagai pengurus harian di HIMASITER dan memiliki fungsi untuk menjalankan program kerja yang telah ditetapkan dengan melakukan fungsi kontrol, koordinasi, pengembangan, serta manajemen administrasi dan keuangan organisasi.

  • Biro Internal

Biro Internal adalah biro yang bergerak untuk mendekatkan semua pengurus HIMASITER. Biro Internal memiliki fungsi menciptakan rasa kekeluargaan dan persaudaraan. Tanpa adanya internal, HIMASITER tidak akan bisa bertahan hingga saat ini.

  • Biro Eksternal

Biro Eksternal merupakan biro yang bergerak untuk mencari kerja sama dan mitra di luar HIMASITER. Biro eskternal juga siap mendukung dan meramaikan semua kegiatan HIMASITER dan seluruh mahasiswa INTP.

  • Biro BISMIT

Biro Bisnis dan Kemitraan yang bergerak di bidang keuangan untuk mencari pendanaan mandiri. Biro ini melakukan proses bisnis sekaligus kemitraan secara professional dengan pihak luar selain HIMASITER.

  • Biro PSDM

Biro Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa merupakan biro yang berfungsi untuk mengembangkan seluruh mahasiswa INTP. Biro ini juga berfungsi menggali potensi dan meningkatkan softskill seluruh mahasiswa INTP.

  • Biro Penmas

Biro Pengabdian Masyarakat adalah biro yang bergerak di bidang kemanusiaan. Biro ini akan mengabdikan diri kepada masyarakat secara langsung sebagai bentuk pengabdian dari mahasiswa.

  • Biro Ilpro

Biro Ilmu dan Keprofesian merupakan biro yang bergerak untuk mengenalkan keprofesian dan ilmu nutrisi dan teknologi pakan. Biro ini akan mengkoordinasikan kegiatan yang berkaitan dengan peternakan secara langsung dan tidak langsung.

  • Biro BnP

Biro Branding and Publication adalah biro yang bertujuan membranding seluruh kegiatan HIMASITER dan mempublikasikan seluruh kegiatan himasiter. Biro ini akan menjadi ‘wajah’ dari HIMASITER yang akan dilihat pertama kali khalayak.