Biro Pengabdian Masyarakat Himpunan Mahasiswa Nutrisi dan Makanan Ternak (HIMASITER) Departemen Ilmu Nutrisi & Teknologi Pakan (INTP) IPB University telah melaksanakan salah satu rangkaian kegiatan Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPKO) yaitu Lokakarya 1 pada Minggu, 7 Agustus 2022 di Desa Situ Udik, Cibungbulang, Bogor.

Kegiatan Lokakarya 1 ini merupakan kegiatan pemaparan program kerja yang akan dilaksanakan untuk pengembangan UMKM Desa Situ Udik. Program kerja yang akan dilakukan diberi nama Udikpreneur. Udikpreneur mencakup pengembangan UMKM berbasis sociopreneur dengan sistem usaha terpadu di Desa Situ Udik, Cibungbulang, Bogor. Kegiatan Lokakarya 1 ini dihadiri oleh perangkat desa setempat dan Ibu-Ibu pelaku UMKM di Desa Situ Udik, Cibungbulang, Bogor.

Kegiatan Lokakarya 1 ini mendapat sambutan baik serta antusiasme yang dapat terlihat saat acara berlangsung dengan adanya masukan dan tanggapan yang diberikan.

“Setelah banyak mengobrol, harapan saya untuk kita bisa mendapat bimbingan mengenai kemasan produk yang baik dan benar. Seperti pada umumnya kemasan dari bahan plastik hingga alumunium foil. Dan juga pada kemasan bukan hanya merk saja yang tampil, tapi juga ada peraturan pemerintah, perizinan, komposisi, dll. Saya selama 9 tahun menekuni usaha kebab, berharap dapat memproduksi kulit hingga mayonaisenya sendiri, tetapi belum bisa karena membutuhkan tenaga kerja sehingga selama ini selalu membeli ke suplier. Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa mendampingi UMKM disini sehingga bisa mendapatkan merk hingga perizinan produk.” Tutur salah satu penggiat UMKM di Situ Udik, Ibu Heni.

Ketua PPKO HIMASITER, Jidan Ramadani juga menyampaikan harapan bagi Ibu-Ibu penggiat UMKM Situ Udik dapat terbuka dan menyampaikan kebutuhan-kebutuhan yang mereka perlukan untuk menunjang UMKM mereka, sehingga program Udikpreneur dapat berjalan baik untuk ke depannya.