Biro Pengabdian Masyarakat Himasiter saat ini tengah disibukkan dengan kegiatan PPKO yang merupakan singkatan dari Program Penguatan Kapasitas Ormawa. Kegiatan PPKO ini dilaksanakan di Desa Situ Udik, Cibubulang, Bogor.

Kegiatan PPKO yang mendapat pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ini termasuk ke dalam program kerja tahunan Biro Pengabdian Masyarakat Himasiter.

Desa Binaan dari program PPKO ini adalah bukti nyata bahwa Biro Pengabdian Masyarakat benar-benar menunaikan tugasnya untuk mengabdi dan membantu masyarakat sekitar. Tahun ini, Biro Pengabdian Masyarakat menggagas topik sociopreneur. Seperti yang kita tahu sociopreneur berasal dari kata socio dan entrepreneur yang mana entrepreneur itu diambil tetapi usahanya berdampak secara sosial. Mereka sebagai tim pelaksana ingin apa yang mereka lakukan di Desa Situ Udik dengan adanya usaha produksi terpadu ini dapatmenjadi tambahan penghasilan serta dengan adanya tempat produksi ini memberi manfaat banyak bagi pengiat UMKM Situ Udik, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara luas terutama penggiat UMKM tersebut.

Timeline pelaksanaan kegiatan PPKO ini dimulai dengan melakukan survey dan berdiskusi ide bersama warga desa setempat sejak awal tahun 2022 lalu hingga bulan Juli 2022. Setelah mencapai keputusan bersama, program desa binaan ini akan dimulai pada bulan Agustus 2022 dengan pembelian alat sesuai kebutuhan anggota Udikprenur di Desa Situ Udik. Mereka juga akan melakukan rangkaian kegitan seperti Lokakarya 1, Lokakarya 2, pelatihan desain, pelatihan keuangan, pelatian social media, dan pelatihan-pelatihan lain yangakan diberikan kepada ibu-ibu sociopreneur.

Pelaksanaan program PPKO berjalan dengan baik, karena tim Pengabdian Masyarakat yang ada di Desa Situ Udik telah memiliki job desknya masing-masing. Adapun hambatan yang dialami Biro Pengabdian Masyarakat ketika menjalani program ini adalah saat akhir bulan Juni hingga akhir Juli 2022 14 dari 15 anggota tim sedang melakukan program Magang, Praktik Lapangan, dan KKN sehingga banyak dari mereka yang tidak bisa ikut turun desa  di Desa Situ Udik. Namun, beberapa anggota dari mereka juga menyempatkan waktu di sela-sela kegiatannya untuk dapat hadir dalam kegiatan PPKO yang ada di Desa Situ Udik.

Harapan untuk PPKO Himasiter ini semoga kegiatannya bisa terlakasana 100%, ilmu yang kita berikan ke masyarakat dapat diterima dengan baik dan bisa disebarkan lagi ke masyarakat lain, tentunya bermanfaat juga bagi kami mahasiswa tim pelaksana jadi dapat berkomunikasi baik secara horizontal maupun vertikal, trus kita juga belajar berbaur dengan masyarakat dan kita juga belajar tentang sosiopreneur yang tentunya sangat berguna bagi kita mahasiswa. Tentunya juga berharap tim kita bisa lolos ke Abdidaya dan dapat menorehkan penghargaan.” Tutur Jidan Ramadani selaku Ketua Biro Pengabdian Masyarakat Himasiter 2021/2022.

Ketua Himasiter, Juan Waeludin juga menyampaikan dukungan dan harapannya bagi tim PPKO untuk dapat meraih kembali pencapaian yang telah dicapai pada tahun sebelumnya yaitu juara 1, dapat memberikan suatu prestasi untuk Himasiter Fakultas Peternakan IPB, dan dapat memberikan dampak yang nyata terhadap masyarakat desa melalui program-program UMKM tersebut.