Himasiter dan BEM FAPET IPB Berkolaborasi Menyelenggarakan Lomba ASEC 2022

Sambutan dekan pada acara ASEC 2022

Himpunan Mahasiswa Nutrisi dan Makanan Ternak yang berkolaborasi bersama Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Peternakan IPB University baru saja menyelenggarakan Animal Science Essay Competition tahun 2022 atau disingkat sebagai ASEC yang telah dilaksanakan pada tanggal 4 April hingga 14 Mei 2022 kemarin. Kegiatan perlombaan esai ini merupakan program kerja yang diselenggarakan oleh Biro Pengembangan Sumberdaya Mahasiswa Himasiter dan bekerja sama dengan Departemen Risdikpres BEM Fakultas Peternakan IPB. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Fakultas Peternakan IPB Angkatan 56, 57, dan 58. Pada tahun ini, ASEC mengangkat tema “Peran Generasi Milenial Dalam Pengembangan Inovasi dan Digitalisasi Peternakan di Era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity and Ambiguity)”. Dengan tema tersebut kegiatan perlombaan ini menjadi sangat menarik bukan?

Menurut Diva Aulia Azzahra, Ketua Pelaksana ASEC 2022, mengatakan bahwa ASEC bertujuan meningkatkan prestasi dan semangat berkompetisi bagi Mahasiswa Fapet IPB. Selain itu, ASEC bertujuan mengembangkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa untuk menuangkan ide-ide kreatifnya dalam bentuk karya ilmiah. Bermanfaat sekali bukan perlombaan esainya?

 

Kegiatan perlombaan ASEC ini mendatangkan juri-juri terbaik pada bidang esai, lho. Juri pada perlombaan ASEC ini adalah Siti Nur Asiyah Wardah dari Fakultas Kehutanan IPB dan Eva Lihotma BR Sipahutar dari Fakultas Pertanian IPB yang telah menjuarai banyak perlombaan esai nasional dan internasional. Keren banget, kan, juri pada perlombaan ini?

Meskipun dilaksanakan secara daring, kegiatan perlombaan esai ini terlaksana dengan sukses dengan jumlah peserta yang terdiri atas 6 kelompok dan 6 individu dengan total peserta 23 orang. Rangkaian acara ASEC 2022 ini diakhiri dengan pengumuman juara lomba esai yang terdiri atas tiga pemenang. Juara pertama dimenangkan oleh tim Giovani dengan judul esai “Cyber AhooySociety 5.0: Kawasan Peternakan Sibernatika Masa Depan dengan Pendekatan Society 5.0 sebagai Upaya Mewujudkan Ketahanan Pangan”. Juara kedua dimenangkan oleh tim Martin Saputra yang mengangkat judul esai “iFeed (IoT Feed): Inovasi Platform Peternakan Digital Berbasis Mobile Apps sebagai Upaya Mewujudkan Swasembada Protein Hewani di Indonesia dan Tantangan pada Era Vuca“. Juara ketiga dimenangkan oleh tim Muhammad Misarudin dengan judul esai “Herme-Gel: Inovasi Lotion Aromaterapi Antibakteri Berbasis Minyak Maggot (Hermetia Illucencs) sebagai Pencegahan Infeksi Bakteri Mastitis pada Ternak Perah“. Wah, selamat kepada para pemenang!

Peraih juara pertama, tim Giovani, sedang mempresentasikan esainya

Diva juga menambahkan bahwa, harapan untuk ASEC selanjutnya agar euforianya dapat lebih terasa dan ASEC dapat disambut baik oleh semua prodi dan angkatan. Selain itu, sesuai dengan harapan yang disampaikan oleh Dekan FAPET IPB, Bapak Dr. Ir. Idat Galih Permana, M.Sc.Agr, semoga tema yang diangkat dapat lebih visioner sehingga dapat memunculkan ide kreatif yang belum pernah ada sebelumnya.

Dokumentasi kegiatan ASEC 2022

Ingin tahu lebih lanjut tentang ASEC 2022 ini? Yuk, follow akun sosial media Instagram Himasiter di @himasiter dan Instagram ASEC di @asec.fapet.ipb