Himasiter IPB Menggelar Webinar Series Peternakan 2022

Himpunan Mahasiswa Nutrisi dan Makanan Ternak IPB University baru saja menyelenggarakan Webinar Series tahun 2022 pada tanggal 23 April 2022 kemarin. Webinar series ini merupakan proker tahunan yang diselenggarakan oleh Biro Ilmu dan Keprofesian Himasiter yang diselenggarakan secara daring dengan 3 series berbeda yaitu series Agrostologi, Ruminansia, dan Unggas. Webinar ini mengangkat tema “Kemandirian Pakan Menunjang Peternakan Cerdas dalam Era Society 5.0”. Wahh sangat menarik bukan?

Menurut Rahmat Yulianto Setyawan, Ketua Pelaksana Webinar Series 2022 ini mengatakan bahwa webinar series 2022 merupakan kegiatan dari gabungan tiga divisi (Agrostologi, Ruminansia, Unggas) yang memberikan pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat luas mengenai urgensi kemandirian pakan dalam era society 5.0. Wah lengkap banget ya acara webinar ini.

Rahmat menambahkan bahwa tujuan dari Webinar Series 2022 ini agar peserta dapat memahami urgensi kemadirian pakan di era society 5.0. Melalui webinar ini peserta diharapkan mampu berinovasi dan berhasil mengembangkan produk produk unggul dengan teknologi hijauan pakan dalam era society 5.0. Bahan yang digunakan untuk produk inovasi yaitu bahan pakan lokal. Nah, dengan begitu bahan pakan lokal dapat termanfaatkan dengan baik, bukan?

Acara webinar series pertama yaitu dari divisi Agrostologi ini dihadiri oleh narasumber yang telah berpengalaman di sektor peternakan, yaitu Bapak Dr. Tekad Urip Pambudi S., M.Si. Beliau merupakan dosen sekolah vokasi IPB University, lho. Keren banget kan narasumber di webinar ini?

Dengan adanya webinar ini ternyata solusi permasalahan teknologi penyimpanan pakan ternak dapat disimpulkan, lho. Bapak Dr. Tekad menegaskan bahwa proses penyimpanan pakan yang benar sangat penting diperhatikan untuk meningkatkan produktivitas hewan ternak. Solusi yang ditawarkan oleh Bapak Dr. Tekad yaitu dengan membuat pakan menjadi bentuk silase yang melalui proses fermentasi sehingga pakan menjadi lebih awet untuk disimpan dalam jangka panjang.

Meskipun dilaksanakan secara daring, webinar series ini terlaksana dengan sukses dengan jumlah partisipan yang hadir sebanyak 115 orang. Selain itu antusiasme partisipan juga terlihat pada sesi diskusi dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh partisipan kepada pemateri. Webinar ini diakhiri dengan pemberian sertifikat dan cendera mata vektor kepada pembicara dan moderator.

Tidak hanya sampai disini, acara webinar series akan dilanjutkan pada bulan Mei dengan series Ruminansia dan Juni dengan series Unggas.

Rahmat juga menambahkan bahwa, webinar kedua yaitu series Ruminansia akan dilaksanakan pada 29 Mei 2022 mendatang. Dia juga berharap webinar series kedua nanti mendapat antusias dari peserta yang semakin tinggi dan acara ini dapat menjangkau segmen yang lebih luas serta dapat memberi kebermanfaatan bagi banyak orang.

Ingin tau lebih lanjut tentang Webinar Series 2022 ini? Yuk, follow akun sosial media Instagram Himasiter di @himasiter