Kuliah Kerja Profesi (KKP) adSeorang warga menggiring sapinya di kawasan hutan jati, Desa Tangulangin, Montong, Tuban, Jatim, Minggu (27/1)alah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus, yang secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi serta menangani masalah pertanian dan lingkungan yang dihadapi. Kegiatan KKP dilakukan dengan pendekatan multidisiplin ilmu yang ada di lingkungan IPB. Kuliah Kerja Profesi diharapkan menjadi kegiatan civitas akademika IPB dalam membantu memberikan solusi terhadap permasalahan masyarakat pedesaan, dan merupakan suatu kegiatan yang berkesinambungan, dalam arti pembinaan dari tahun ke tahun merupakan interaksi yang berkelanjutan dengan masyarakat dari desa-desa kerjasama.

TUJUAN

Tujuan yang ingin dicapai kegiatan KKP mencakup tujuan umum dan khusus sebagai berikut:

Tujuan umum KKP:

Mempersiapkan mahasiswa untuk menguasai bidang ilmunya, mampu menghayati berbagai permasalahan kompleks yang dihadapi masyarakat, memperluas pemikiran, dan belajar menanggulangi permasalahan pertanian dan kehidupan masyarakat pedesaan secara komprehensif.

Mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan mahasiswa melalui penerapan ilmu dan teknologi yang dimiliki secara langsung di masyarakat.

Mendekatkan perguruan tinggi kepada masyarakat, pemerintah daerah, dan instansi yang terkait sehingga pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dapat disesuaikan dengan dinamika masyarakat yang ada.

Membantu masyarakat dan pemerintah daerah dalam mengatasi masalah produksi pertanian, kesejahteraan masyarakat, dan penataan lingkungan, serta memberikan pengetahuan dan keterampilan teknologi dalam memanfaatkan sumberdaya secara optimal.

KETENTUAN UMUM KKP

2.1. Pengertian

KKP adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajara kepada mahasiswa untuk hidup di tengah-tengah masyarakat di luar kampus, dan secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi, menganalisa, dan menangani masalah-masalah pembangunan yang dihadapi masyarakat berdasarkan keprofesian yang sedang dipelajari oleh mahasiswa.

 

KKP di IPB merupakan kegiatan interakurikuler dalam bentuk mata kuliah wajib bagi mahasiswa Fakultas Pertanian dan Fakultas Ekologi Manusia, serta mahasiswa Departemen Ekonomi Sumberdaya Lingkungan Fakultas Ekonomi dan Manajemen, dan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa Fakultas Peternakan, serta mahasiswa Departemen Ilmu Ekonomi dan Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen mengembangkan konsep KKP dalam bentuk mata kuliah wajib Gladikarya. Secara administrasi Gladikarya tahun 2012 dilaksanakan terintegrasi dengan KKP IPB, sedangkan secara substansi mengacu pada panduan Gladikarya.

2.3. Beban Kredit Beban kredit KKP IPB adalah 3 sks (satuan kredit semester), yang meliputi Kuliah pembekalan, pelaksanaan kegiatan lapangan di lokasi KKP, serta penyusunan laporan dan ujian KKP.

2.4. Peserta KKP Mahasiswa Peserta KKP adalah mahasiswa program sarjana (S1) di FAPERTA, FEMA, FEM, dan FAPET yang telah memenuhi persyaratan, yaitu telah menyelesaikan perkuliahan sekurang-kurangnya 105 sks dengan IPK > 2.0, dan telah melakukan registrasi untuk mengikuti KKP pada tahun 2012.

2.5. Penyelenggara dan Pembimbingan Penyelenggara KKP adalah LPPM IPB, yang dalam pelaksanaannya dibentuk Panitia KKP IPB. Kegiatan KKP mahasiswa di lapangan dibimbing oleh dosen pembimbing lapang (DPL), yang ditetapkan dengan surat keputusan Kepala LPPM IPB berdasarkan usulan dari Fakultas/Departemen yang terlibat dalam KKP 2012.